Sabtu, 23 Juni 2012

Perangkat Keras untuk Mengakses Internet

Perangkat keras yang digunakan untuk akses internet meliputi : komputer, modem, dan jaringan komunikasi. Berikut akan dijelaskan masing-masing perangkat keras tersebut.

1. Komputer
Perangkat keras yang paling utama untuk mengakses jaringan internet adalah computer. Selain  komputer masih terdapat perangkat lain yang dapat digunakan untuk mengakses  jaringan komputer, seperti notebook, PDA, handphone dan lain-lain. Sebuah komputer dapat digunakan untuk mengakses jaringan internet harus memenuhi syarat-syarat tertentu seperti kecepatan processor, kapasitas harddisk, dan masih banyak yang lain.

2. Modem
Modem merupakan suatu perangkat keras untuk komunikasi tambahan bagi computer,  berfungsi untuk mengkonversikan signal analog (telepon) menjadi signal digital (komputer) dan demikian juga sebaliknya. Signal digital ialah signal elektronik, yang diwakili oleh angka 0 dan angka 1, angka 1 mewaili signal hidup dan angka 0 mewakili signal mati. Dengan demikian signal kombinasi angkalah sebuah komputer mampu mengkonversi data menjadi bentuk teks, grafik dan sebagainya. Sedangkan signal analog merupakan bentuk gelombang bunyi melalui kabel elektrik/telepon. Jenis-jenis modem adalah sebagai berikut ini :

a.       Modem Internal
Modem Internal terpasang langsung di dalam CPU. Secara fisik modem internal berupa sebuah card yang tertancap pada salah satu slot ekspansi pada mainboard, biasanya pada slot ISA atau PCI.

b.      Modem Eksternal
Modem Eksternal merupakan alat yang diletakkan di luar system unit computer. Dengan modem inilah computer dapat terhubung ke internet dan berkomunikasi dengan orang lain di tempat yang berbeda. Kelebihan modem jenis ini jika kalian ingin memutuskan sambungan internet tidak harus mematikan system unit computer, hanya dengan mematikan modem yang ada di luar. Modem eksternal dihubungkan ke CPU melalui port COM atau USB. Keuntungan penggunaan modem jenis ini adalah portabilitasnya yang cukup baik sehingga gampang dipindah-pindah untuk digunakan di computer lain.

3. Jaringan Komunikasi
Selain peralatan diatas, satu hal yang tak kalah penting untuk dapat mengakses jaringan internet adalah jaringan komunikasi. Jaringan komunikasi yang dapat digunakan untuk akses internet yaitu :

a.       Kabel Telepon
Telepon merupakan saluran komunikasi untuk mentransfer data. Sarana komunikasi ini penting untuk menghubungkan computer dengan jaringan internet.

b.    Jaringan seluler GSM (Global System for Mobile Communications) dan CDMA (Code Division Multiple Access)selain digunakan untuk keperluan telepon, hamper semua jaringan seluler GSM dan CDMA dapat digunakan untuk mengakses internet.

c.       Jaringan kabel optic (TV Kabel)

d.      Satelit (VSAT)

0 komentar:

Posting Komentar

© Artikel Singkat. Diberdayakan oleh Blogger.