Minggu, 24 Juni 2012

Internet

Saat ini internet merupakan sumber informasi akurat, actual, dan cepat. Melalui internet setiap orang bisa mendapatkan informasi dan berkomunikasi dengan orang lain di berbagai tempat. Dengan banyak fasilitas dan kegunaan yang ditawarkan oleh jaringan internet, saat sekarang ini banyak perusahaan atau badan-badan usaha menggunakan jaringan internet untuk memperkenalkan usahanya atau digunakan untuk memasarkan produknya dan juga digunakan sebagai alat komunikasi dan saling bertukar data.

Sejarah Internet

Sejarah Internet dimulai pada tahun 60-an, yaitu ketika Levi C. Finch dan Robert W. Taylor mulai melakukan penelitian tentang jaringan global dan masalah interoperabilitas. Selanjutnya, beberapa program penelitian mulai dilakukan untuk melihat mekanisme pengaitan jaringan-jaringan yang berbeda secara fisik. Salah satu solusi yang muncul dari penelitian-penelitian tersebut adalah teknik packet switching. Pada teknik packet switching, data atau file berukuran besar yang akan dikirim melalui jaringan computer terlebih dahulu dipotong menjadi paket kecil-kecil agar lebih mudah ditangani. Peneliti utama dalam pengembangan packet switching ini adalah Donald Davies (NPL), Paul Baran (RAND Corporation), Leonard Kleinrock dan kawan-kawan (MIT) dan UCLA Research Programs.
Pada tahun 1969, Robert Taylor yang baru dipromosikan sebagai kepala kantor pemroses informasi di DARPA (Badan Riset Angkatan Bersenjata Amerika Serikat) bermaksud mengimplementasikan ide untuk membuat system jaringan yang saling terhubung. Bersama Larry Robert dari MIT, Robert Taylor memulai proyek yang kemudian dikenal sebagai ARPANET.
Jaringan pertama dibangun dengan menggunakan packet switching, yaitu jaringan computer yang menghubungkan sambungan pertama ARPANET terbentuk antara University of California, Los Angles (UCLA) dan Stanford Research Institute (SRI) pada jam 22.30 tanggal 29 Oktober 1969. Pada tanggal 5 Desember 1969, ada dua jaringan lagi yang bergabung, yakni University of Utah dan University of California, Santa Barbara sehingga total terdapat empat (4) simpul jaringan.
Seiring berjalannya waktu, ARPANet berkembang dan dan menambah situ-situs baru. Para pengguna pun datang memberi ide baru untuk pemanfaatannya. Hingga tahun 1972 jaringan ini telah menghubungkan lebih dari 20 host. ARPANet kemudian menjadi backbone internet working institusi pendidikan, penelitian, industry dan kontraktor terutama yang berkaitan dengan jaringan militer (MILNet).
Tahun 1986 ARPANet mulai dikomersialkan dengan mengisolasi jaringan militer. National Science Foundation (NSF) mulai membiayai backbone ARPANet menjadi backbone internet komersial dan dikelola oleh Advanced Network Service (ANS). Menurut Andrew S Tanembaum, yang mempunyai andil besar dalam perwujudan internet adalah bergabungnya jaringan-jaringan regional seperti SPAN (Jaringan fisika energy tinggi), BITNET (Jaringan mainframe IBM), EARN (Jaringan akademis Eropa dan Eropa Timur), dan ditambah dengan  sejumlah link transatlantic.

0 komentar:

Posting Komentar

© Artikel Singkat. Diberdayakan oleh Blogger.